PROGRAM DAN KEGIATAN

1.    Penyusunan Peraturan dan Keputusan 
Tujuan kegiatan ini adalah untuk menindaklanjuti amanat Statuta UNY tentang beberapa peraturan pelaksanaan agar segala kegiatan yang diatur dalam Statuta dapat berjalan dengan lancar. Kegiatan ini dilakukan bersama Tim yang dibentuk untuk menyusun beberapa peraturan pelaksanaan Statuta berupa Peraturan Rektor. Kegiatannya berupa penyusunan draf peraturan, kemudian dibahas bersama dalam suatu tim. Selanjutnya direvisi berdasar berbagai masukan dan ditandatangani oleh Rektor untuk Peraturan Rektor. Rencana tindak lanjut dari kegiatan ini adalah tetap melanjutkan penyusunan berbagai peraturan pelaksanaan Statuta UNY yang masih belum tersusun dan peraturan-peraturan yang lain yang berhubungan dengan segala kegiatan di Universitas Negeri Yogyakarta.

2.   Pelatihan Legal Drafting dan Contract Drafting
Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kompetensi para pejabat Universitas Negeri Yogyakarta dalam membuat penjanjian dan peraturan agar sesuai dengan tata cara pembuatan perjanjian dan peraturan yang benar, sehingga ada kepastian dan penyeragaman bentuk perjanjian serta peraturan dan/atau keputusan.
Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 26 Juli 2017 bertempat di Ruang Sidang Komisi Senat Universitas Negeri Yogyakarta dengan penyajian materi oleh nara sumber Drs. Setyo Budi Takarina, M.Pd. dan Anang Priyanto, S.H., M.Hum. tentang legal drafting dan contract darfting. Dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab terkait materi penyajian. Peserta yang hadir dalam kegiatan ini berjumlah 20 (dua puluh) orang terdiri dari WD II semua fakultas, Sekretaris Lembaga, Asdir II PPs, Kepala Biro, Kabag Kepegawaian, Subag Hukum dan Tata Laksana dan UPT LKBH di Univesitas Negeri Yogyakarta.
Hasil yang diperoleh, peserta menjadi paham dan tahu tentang tata cara pembuatan kontrak perjanjian serta peraturan dan/atau keputusan yang benar. Hambatan dalam pelaksanaan kegiatan ini berkisar pada keterbatasan waktu pelaksanaan kegiatan. Rencana tindak lanjut dari kegiatan ini adalah akan diadakan kegiatan lanjutan dengan menekankan pada praktek pembuatan perjanjian dan peraturan dan/atau keputusan. 

3.    Pelayanan Advokasi
Advokasi tentang pembuatan Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerjasama Universitas Negeri Yogyakarta dengan pihak luar.  Advokasi penyusunan MoU dan Perjanjian Kerjasama dengan pihak luar yang telah dikerjakan sebanyak 51 (lima puluh satu) dokumen. Selain advokasi tentang MoU dan Perjanjian Kerjasama, LKBH juga melaksanakan Advokasi tentang peraturan-peraturan kedinasan yang dikeluarkan UNY serta perjanjian kontrak kerja dengan pihak luar. 

4.    Inventarisasi Peraturan Perundang-undangan
Kegiatan ini bertujuan untuk memudahkan dalam penelusuran dokumen arsip yang berhubungan de¬ngan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan pendidikan dan peraturan yang bersifat umum.
Dengan berkembangnya atau semakin banyak¬nya peraturan perundang-undangan yang terbit setiap tahunnya, maka inventarisasi peraturan perundang-undangan sangat perlu dilakukan untuk didokumentasikan. Demikian juga untuk meningkatkan pelayanan dalam hal penelusuran dokumen arsip peraturan perundang-undangan sangat perlu dilakukan inventarisasi peraturan perundang-undangan.
Kegiatan ini menghasilkan kompilasi peraturan perundang-undangan yang berupa Undang-undang, Peraturan Pemerintah, Kepres, Peraturan Menteri, Edaran serta peraturan yang lainnya yan berhubu¬ngan de¬ngan akademik maupun umum. Dalam bentuk buku tentang Kumpulan Peraturan Perundang-undangan. 

5.    Pelatihan Penyusunan Peraturan Desa
Bahwa dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat Unit Pelaksana Teknis Layanan Konsultasi dan Bantuan Hukum Universitas Negeri Yogyakarta telah melaksanakan Pelatihan Penyusunan Peraturan Desa.  Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 15 November 2017 di Desa Widodomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman.  Peserta kegiatan penyuluhan ini diikuti oleh Lurah Desa, Pamong Desa, LKMD, PKK, dan BPD.
 

5. Penyuluhan Hukum 
Sebagai upaya pencegahan kenakalan remaja dan penyalahgunaan narkotika UPT Layanan Konsultasi dan Bantuan Hukum Universitas Negeri Yogyakarta melakukan Penyuluhan Hukum Tentang Upaya Pencegahan Kenakalan Remaja dan Penyalahgunaan Narkotika pada hari Selasa 23 Mei 2017 di dusun Gempol, Condong catur, Sleman. Penyuluhan hukum ini dilaksanakan sebagai salah satu program pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi UNY. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pemahaman dan pengetahuan bagi warga dusun Gempol Condongcatur Sleman agar memiliki pengetahuan tentang bahaya narkotika dan mengerti dalam pencegahan terjadinya pergaulan remaja yang negatif. Narasumber Kegiatan ini adalah : Bpk Anang Priyanto, S.H., M.Hum. Bpk Suripno, S.H., M.Pd., Ibu Setiati Widiastuti, M.Hum., Ibu Sri Hartini dan Ibu Dr. Eny Kusdarini, S.H., M.Hum.   

6.    Legal Opinion
Bahwa di Unit Pelaksana Teknis Layanan Konsultasi dan Bantuan Hukum (UPT LKBH) juga melaksanakan Legal Opinion atau pendapat hukum tentang Analisis Ketentuan Peralihan dalam Statuta Universitas Negeri Yogyakarta 2017. Dengan tersusunnya Legal Opinion tentang Analisis Ketentuan Peralihan dalam Statuta Universitas Negeri Yogyakarta melengkapi Peraturan Kedinasan Universitas Negeri Yogyakarta, memberikan pedoman dan acuan yang telah ditinjau dari sudut Hukum.

7.  Konsultasi dan Bantuan Hukum
Selain kegiatan-kegiatan di atas UPT Layanan Konsultasi dan Bantuan Hukum juga melaksanakan kegiatan Konsultasi tentang kasus hukum kepada Dosen, Karyawan, Mahasiswa dan masyarakat umum.
Selama satu tahun ini UPT LKBH sudah melayani konsultasi berupa kasus hukum baik berupa hukum waris, perkawinan, kepegawaian maupun yang bersifat pelayanan publik kepada Dosen, Karyawan, Mahasiswa dan  masyarakat .